Materi UKBI


Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia adalah tingkat performansi penutur bahasa Indonesia, baik penutur jati maupun penutur asing, dalam kemahiran berbahasa yang ditentukan dengan UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia).

Untuk mengetahui standar kemahiran berbahasa, seseorang harus mengikuti UKBI dengan materi sebagai berikut.

  1. Deskripsi Seksi Mendengarkan
    Seksi Mendengarkan adalah tahapan tes dalam UKBI untuk menguji kemahiran mendengarkan peserta uji. Peserta diperdengarkan dialog atau monolog. Saat mendengarkan, peserta melihat butir soal pada buku uji. Jika mendapati jawaban yang dianggap benar, peserta menandai jawaban pada LJK (Lembar Jawaban komputer). Terdapat empat jumlah dialog dan empat monolog. Setiap dialog atau monolog terdiri atas lima butir soal.
  2. Deskripsi Seksi Merespons Kaidah
    Seksi Merespons Kaidah adalah tahapan tes dalam UKBI untuk melihat respons peserta uji terhadap kesalahan kaidah dalam penggunaan bahasa Indonesia. Peserta diberi buku uji yang berisi 25 butir soal. Di dalam setiap butir soal terdapat dua bagian yang bercetak tebal dan bergaris bawah. Peserta diminta merespons dua bagian tersebut. Bagian yang salah diganti dengan opsi jawaban di bawahnya, bagian yang sudah benar diabaikan atau dibiarkan saja.
  3. Deskripsi Seksi Membaca
    Seksi Membaca adalah tahapan tes dalam UKBI untuk menguji kemahiran membaca peserta uji. Peserta diminta membaca lima buah teks di dalam buku uji. Setiap teks terdiri atas delapan butir soal. Setiap teks mewakili ranah komunikasi tertentu. Misalnya, ranah komunikasi yang paling dasar untuk kebertahanan hidup, terdapat pada teks pertama dalam Seksi Membaca. Waktu untuk menyelesaikan 40 butir soal yang terdapat di dalam lima wacana adalah 45 menit.
  4. Deskripsi Seksi Menulis
    Seksi Menulis adalah tahapan tes dalam UKBI untuk menguji kemahiran penutur bahasa Indonesia dalam hal menyampaikan gagasan secara tertulis dengan teknik terbimbing. Pada setiap soal menulis terdapat kalimat penjolok dan gambar, diagram, atau tabel yang mendukung informasi yang terdapat di dalam kalimat penjolok. Peserta uji diminta menguraikan dan mengembangkan kalimat penjolok serta gambar yang terdapat di dalam soal secara tertulis dalam jumlah 200 kata.
  5. Deskripsi Seksi Berbicara
    Seksi Berbicara adalah tahapan tes dalam UKBI untuk menguji kemahiran berbicara penutur bahasa Indonesia dalam menyampaikan gagasan secara lisan dengan teknik terbimbing. Pada setiap soal berbicara terdapat kalimat penjolok dan gambar, skema, atau bagan yang mendukung informasi yang terdapat di dalam kalimat penjolok. Peserta uji diminta menguraikan dan mengembangkan kalimat penjolok serta gambar yang terdapat di dalam soal secara lisan dalam waktu 10 menit.